Monday, December 13, 2010

sedikit tentang exergi

ANALISIS EXERGI (KETERSEDIAAN)


Pengenalan Energi


Hukum kekekalan energy telah menjelaskan bahwa energy tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Energi hanya mampu dikonversikan dari satu bentuk ke bentuk energy yang lain. Dari sana dapat disimpulkan bahwa energy bersifat kekal. Berbeda dengan energy, disini exergi tidaklah kekal. Peningkatan pemanfaatan energy dapat dilakukan dengan pengurangan pemusnahan exergi.

Exergi


Exergi adalah kerja maksimal yang mampu dihasilkan ketika sistem mencapai kesetimbangan. Exergi disini bergantung dengan lingkungan referensi. Jadi kondisi lingkungan , menjadi factor dalam menentukan besar exergi.

• Lingkungan Referensi Exergi
Exergi sangat berkaitan dengan kondisi lingkungan dan keadaan sekeliling sistem. Keadaan sekeliling itu sendiri porsinya juga lebih kecil daripada lingkungan. Pada lingkungan yang cakupannya lebih luas, sifat intensif tidak terpengaruh akan proses yang melibatkan sistem dan keadaan sekeliling. Lingkungan tidak berubah, dan irreversibilitas, walaupun sifat intensif, lingkungan tidak berubah,tetapi sifat ekstensifnya dapat berubah karena interaksi dengan sistem lain. Peubahannya meliputi: usaha dalam Ue, entropi S, dan volume Ve dari lingkungan. Berdasar persamaan:

• Keadaan Mati

Jika suatu sistem berubah menuju ke keadaan lingkungan, maka kesempatan untuk munculnuya kerja semakin berkurang, dan akhirnya akan didapati suatu keadaan dimana 2 keadaan setimbang dengan yang lain, ini disebut keadaan mati. Dalam keadaan mati sistem dan lingkungan memliki energy , sedangkan exergi adalah nol sebab tidak ada perubahan spontan dalam sistem maupun lingkungan,dan juga tidak timbul interaksi dengan sistem lain.

No comments:

Post a Comment

Asynchronous Counter (Counter Asinkron)

Link untuk mendownload.. http://www.4shared.com/file/dXRuXxOZ/ISI_MAKALAH.html