Monday, December 13, 2010

sedikit tentang exergi

ANALISIS EXERGI (KETERSEDIAAN)


Pengenalan Energi


Hukum kekekalan energy telah menjelaskan bahwa energy tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Energi hanya mampu dikonversikan dari satu bentuk ke bentuk energy yang lain. Dari sana dapat disimpulkan bahwa energy bersifat kekal. Berbeda dengan energy, disini exergi tidaklah kekal. Peningkatan pemanfaatan energy dapat dilakukan dengan pengurangan pemusnahan exergi.

Exergi


Exergi adalah kerja maksimal yang mampu dihasilkan ketika sistem mencapai kesetimbangan. Exergi disini bergantung dengan lingkungan referensi. Jadi kondisi lingkungan , menjadi factor dalam menentukan besar exergi.

• Lingkungan Referensi Exergi
Exergi sangat berkaitan dengan kondisi lingkungan dan keadaan sekeliling sistem. Keadaan sekeliling itu sendiri porsinya juga lebih kecil daripada lingkungan. Pada lingkungan yang cakupannya lebih luas, sifat intensif tidak terpengaruh akan proses yang melibatkan sistem dan keadaan sekeliling. Lingkungan tidak berubah, dan irreversibilitas, walaupun sifat intensif, lingkungan tidak berubah,tetapi sifat ekstensifnya dapat berubah karena interaksi dengan sistem lain. Peubahannya meliputi: usaha dalam Ue, entropi S, dan volume Ve dari lingkungan. Berdasar persamaan:

• Keadaan Mati

Jika suatu sistem berubah menuju ke keadaan lingkungan, maka kesempatan untuk munculnuya kerja semakin berkurang, dan akhirnya akan didapati suatu keadaan dimana 2 keadaan setimbang dengan yang lain, ini disebut keadaan mati. Dalam keadaan mati sistem dan lingkungan memliki energy , sedangkan exergi adalah nol sebab tidak ada perubahan spontan dalam sistem maupun lingkungan,dan juga tidak timbul interaksi dengan sistem lain.

Monday, October 4, 2010

* you can*

Lafft this song..

Take me where I've never been
Help me on my feet again
Show me that good things come to those who wait
Tell me I'm not on my own
Tell me I won't be alone
Tell me what I'm feeling isn't some mistake
'Cause if anyone can make me fall in love, you can

Save me from myself, you can
And it's you and no one else
If I could wish upon tomorrow tonight would never end
If you asked me I would follow
But for now I'll just pretend
'Cause if anyone can make me fall in love, you can

Baby, when you look at me
Tell me what do you see
Are these the eyes of someone you could love?
'Cause everything that brought me here
Well, now it all seems so clear
Baby, you're the one that I've been dreaming of
If anyone can make me fall in love, you can

Save me from myself, you can
And it's you and no one else
If I could wish upon tomorrow tonight would never end
If you asked me I would follow
But for now I'll just pretend
'Cause if anyone can make me fall in love

Only you can take me sailing in your deepest eyes
Bring me to my knees and make me cry
And no one's ever done this
Everything was just a lie and I know, yes, I know

This is where it all begins
So tell me it will never end
I can't fool myself, it's you and no one else

If I could wish upon tomorrow tonight would never end
If you asked me I would follow
But for now I'll just pretend
'Cause if anyone can make me fall in love, you can

Show me that good things come to those who wait

by : David Archuleta

Sunday, September 26, 2010

Life is never flat

When we get some problm and that is so terrible, we actually think that God don't care with us. Do you know... life is like a road. we ever get traffic jam, traffic light, sleeping police.." gronjalan" and another sign.. haha... :D

Eventhough we can use the main or toll road, we still get some problems.. for example: toll fee, and may be can get some accident.. ( Astagfirullah, wish.. that's not bad acc, hwaaa... amiiin )

Life is like a road..never flat, i believe it, sometimes we feel so poor, sad,exhausted and sometimes we feel cheerfull, exited, and etc..

So.. how can we solve the problems in our life?

just try, pray, and be honest..

if we still get smthing that not good for us.. don't give up.. cause this is life.. and we've to believe that Our God will give another road that's so remarkable for us...
:)



_ndiitstilltryit_

Saturday, September 25, 2010

piece of wish

when i grew up, i really wanted to know what i becme in the future..
for example, when i was in Senior High School,third grade.. i wanted to feel how becme university student. :)

Now.. i want to know what happen with me nextyear or may be 2-3 years after
nobody know it.. The only one who knows all is Allah.. But people in the world still can change it, if they want to try.. believe it.. ^^

If i graduate from engineering physics ITS, i'll continue my study in my favor univ. . amiin..

I think that science is important, and i want to increase and develop it, cause i know how a little things that i know in the whole world. and i'm still stupid. my grandfather tell me, that i have to continue my study till the end, like my father.. i think that's his hope.. and.. i don't wanna make him dissapoint with me... my father also talk to me," Diit, give your best, don't ever give up with the situation, if the situation can be changed by you, you can change it... but if you can't change the situation.. don't sigh.. be patience and honest.. :) "
.
thanks 4 all support.. although sometimes.. i get "on-off" rapidly.. hhi ^^
i still need support, actually from people whom i love

Thursday, September 9, 2010

Tuesday, September 7, 2010

Apartemen-Pasar Turi

heeei blooki..
Ako mao crita ni, gimana ako bisa nyampe stasiun pasar turi.. :D
Selasa, 7 September 2010 emang jadi tanggal pulang ko ke semarang.. Heheu.. ako naeg kereta Rajawali yang emang jadwal berangkatnya jam setengah 2 siang. Temenku, berinisial "Z" sudah jauh2 hari menawarin dirinya buat nganterin ako k stasiun. Waktu hari selasa, ako bener2 takuuuuuut.. udah jam setengah 1 dia belum juga nongol..hhu.. mana mma ku nyuruh ako brangkat bawa motor sendiri lagii.. ako kan males.. tapi di lain pihak ako bener2 takuuuut gg bisa pulang, ako bayangin lebaran di sby di apartemen sendri.. hiks2.. waktu itu ako terus aja nelponin n sms dia berkali-kali, tapi gg da balessaan..

akhirnya dia bales smsku, dia bilang 10 menit lagi nyampe di antique.. dia juga minta mav, soalnya dia ketiduran.. ok..ako menunggu tapi tetep aja deg deg an..hhu
Dy lalu sms agy.. 5 menit agy nyampe..trus sms lagi 3 menit nyampe .. (kek update status gt ma ako..hhe)

trus dia nyampe d depan apartemen, trus langsung d brangkaat..
nah waktu perjalanan ini bener2 bikin SHOCK.. ako hampir mati kaget, diboncengnya.. haduuu gg kebayang bener mau dibonceng kek gitu lagi,hiiiiii...
jakhirnya ako nyampe...jam waktu itu udah nunjukin pukul 13.15 , langsung aja ako bergegas masuk k stasiun n udh stand by di kereta..fiiuuh...
ako gg mao lagii dbnceng kek gituu....gg bisa diungkapin dee pake kata2..
tapi thanks bgt deh..ako gg jadi ketinggalan kereta.. n ako posting ni juga di kereta loo... ^^

meet pulkaam.. meet lebaraan blookii!! :D
mmuaach! :*

Tuesday, August 31, 2010

humsick to the max on this day

humsickkk..
hhu..

pingin cpet pulang, ktemuu mma kuu yg crewet..hhe.. ^^V
kangen ppa kuu yang sabar n suka ndongeng..
kangen mamen yang dlu ndut tpi skrg kuruus..hhu..kangen cium mamen!! gemees!! pingin gigiiit...rawr..hahha
kangen aya yang super kemayu,kangen buat aya nangis..hhe.. kangen liat aya nyisir rambut tiap harii durasi ny lamaa bgt biasanya..hhaha,
kangen ma vidya, yang biasanya tag suruh2 ini itu, biasanya rebutan ma ako, ejek2 an juga..hhahaha...

biasanya aku ma aya godain vidya, hahhaha... trus klo hbis digodain vidya mesti memancarkan sorotan matanya yg khas gt..hihihi... lariiiiiii...
* toss dulu aiii.... hahha

kangeeeeeennn... pingin cepet tanggal 7 september 2010, cepet pulkam, cepet kumpul ma mereka...k e l u a r g a kuu.. :*




Sunday, August 29, 2010

antique (apartemen cantique)


heii my blookii...!
mulae semester 3 nii ak udh pnya apartemen ndiriii..hehhehe
namanya ANTIQUE (apartemen cantique) hahaha... penghuninya antara lain, si luluk yang kurus, si fitri n el yg agk genduut..sama kek ako.. hhe.. ^^V

apartemen ini terletak di jalan kejawan gebang gang 4 no 18.
Awal crita mendapatkan apartemen ini, dimulai dari fitri mesin ketik ditemani el keropong yang asal tanya ama tukang mas tambal ban.. akhirna ditunjukin deh ni apartemen, gg tau kenapa, el n fitri langsung suka.. jadina mereka ngajakin ako ma luluk ikutan tinggal de.. hhe

Awal pertama melihat emang indah n cute.. tapii pada waktu bersih2 mulai ditemukan beberapa bencana, seperti kecoa dimana-mana, tikus berlari-lari dan cicak bergelantungan.. jadi.. ako, el, fitri, dan luluk siap jadi pasukan bersih bersih..hhehe

nyapu, ngepel,pake semprot pembasmi kecoa,dll....

cliing.. apartemen udh bersih!! dan sekarang gangguan2 kek dulu udh jarang ditemukan ,semoga gg ad agyy.. amiin..hha

semoga ako ma ank2 betah tinggal disini..mudah2 an mpe slesei kuliah..jd sarjana..amiin..

:)

Monday, April 26, 2010

Through The Tree

All alone in an empty room
Nothing left but the memories of when
I had my best friend

And I don't know how we ended up here
I don't know but it's never been so clear
We made a mistake, dear

And I see, the broken glass in front of me
I see, your shadow hangin' over me
And your face, i can see


Through the trees
I will find you
I will heal
The ruins left inside you

Cause I'm still here breathin' now
I'm still here breathin' now
I'm still here breathin' now
Until I'm set free,I'm goin'quiet through the trees

I remember how we used to talk
About the places we would go when we were all
And all that we were gonna find

And I remember watching our seeds grow
And how you cried when you saw the first leaf show
The love was pouring from your eyes

So can you see
The branches hangin' over me
Can you see
The love you left inside of me
And my face, can you see

Cause your not comin' back
And your not comin back
Nooooooooooooooooooooooooo
Nooooooooooooooooooooooooo
No!
Your not comin' back
Your not comin' back

Take my breath
As your own
Take my eyes
To guide you home

Cause im still here breathin' now
I'm still here breathin' now
And im still here

And your not comin' back
Cause your not comin' back
Until im set free
I'm goin' quiet through the trees

Sunday, April 25, 2010

Spektrum matahari dan Spektrum Lampu


1. Bagaimana spectrum cahaya matahari?
Spektrum cahaya matahari terdiri atas berbagai warna yaitu:
• Cahaya tampak:
-merah
-jingga
-kuning
-hijau
-biru
-nila
-ungu

• Infra merah
• Ultraviolet

Akan tetapi, tidak semua warna bisa terdeteksi oleh mata, retina menangkap berkas-berkas cahaya yang dapat dipantulkan benda. Retina bisa melihat warna-warna dalam rentang Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U , sedangkan inframerah, dan ultraviolet tidak.







Spektrum elektromagnetik di atas menggambarkan cahaya sebagai gelombang yang memiliki panjang gelombang yang berbeda-beda.


2. Bagaimana spectrum lampu?

• Lampu natrium tekanan rendah (LPS)

Dikenal sebagai lampu natrium oksida (SOX), terdiri dari pelindung hampa luar dari gelas yang dilapisi dengan lapisan pemantul inframerah dari indium timah oksida, sebuah bahan semikonduktor yang memungkinkan cahaya tampak untuk lewat dan memantulkan kembali inframerah, menjaganya agar tidak lolos. Lampu mempunyai pipa-U borosilikat bagian dalam yang berisi natrium padat serta sedikit gas neon dan argon (campuran Penning) untuk memulai lucutan gas, jadi ketika lampu dihidupkan, lampu ini memancarkan cahaya merah kabur untuk memanaskan logam natrium dan dalam beberapa menit berubah menjadi oranye terang setelah logam natrium menguap.
Lampu ini menghasilkan cahaya hampir monokromatik pada panjang gelombang 589.3 nm (sebenarnya dua panjang gelombang pada 589.0 dan 589.6 nm). Sebagai hasilnya, warna dari benda yang disinari tidak dapat dibedakan dengan mudah.
Spektrum cahaya dari lampu natrium tekanan rendah. Pita oranye di sebelah kiri adalah pancaran atomik jalur-D natrium, membentuk kira-kira 90% dari pancaran bahaya lampu jenis ini


• Lampu natrium tekanan tinggi (HPS)



Lampu ini lebih kecil dan mengandung unsur tambahan seperti raksa, dan menghasilkan cahaya oranye kemerahjambuan. Beberapa bola lampu juga menghasilkan cahaya putih kebiruan. Ini mungkin dari cahaya raksa sebelum natrium menguap sempurna. Jalur-D natrium adalah sumber cahaya utama dari lampu HPS, dan spektrum sempit ini dilebarkan oleh natrium tekanan tinggi dalam lampu, karena pelebaran ini dan pancaran dari raksa, warna benda yang diterangi dapat dibedakan. Ini membuatnya digunakan di tempat yang diinginkan pembedaan warna yang baik.

Lampu HPS disukai untuk penyinaran tumbuhan dalam ruang karena lebarnya spektrum suhu warna yang dihasilkan dan efisiensinya yang relatif tinggi.
Lampu natrium tekanan tinggi a cukup efisien, kira-kira 100 lm/W.
Karena reaksi kimia dari busur natrium tekanan tinggi yang sangat tinggi, tabung lucutan biasanya dibuat dari alumina bening.
Spektrum cahaya dari lampu natrium tekanan tinggi


• Lampu Neon

Pada lampu neon, sekarang ada bermacam warna , hampir setiap warna selain merah, diproduksi oleh argon, fosfor dan merkuri.




Spectrum cahaya dari lampu neon


• Lampu Merkuri

Pada lampu merkuti, bagian luar secara internal dilapisi dengan lapisan tipis dari fosfor fluorescent yang mengubah UV ke dalam cahaya tampak, umumnya pada akhir merah spektrum di mana output merkuri yang kurang, untuk meningkatkan warna rendering sifat dari sumber cahaya.




Spektrum cahaya dari lampu merkuri


3. Perbedaan spectrum cahaya matahari dengan spectrum lampu

Pada cahaya matahari spectrum warna yang dipancarkan lebih lengkap daripada spectrum pada lampu. Pada lampu terdapat spektrum yang tidak sempurna sehingga terkadang warna yang kita lihat juga tidak seperti yang seharusnya.

Cahaya matahari merupakan campuran semua warna violet sampai merah dengan intensitas yang sesuai dengan pola radiasi benda hitam, dengan sedikit perubahan: pada nilai-nilai panjang gelombang tertentu ada sedikit pelemahan, ini disebut garis Fraunhofer. Sedangkan pada lampu neon, cahaya putih lampu neon ternyata merupakan campuran tiga nilai panjang gelombang saja yang dominan, yaitu biru sekian nanometer, hijau sekian nm, dan jingga sekian nm.

Pada spectrum cahaya matahari, selain menghasilkan cahaya tampak, tetapi juga menghasilkan cahaya tak tampak, yaitu inframerah dan ultraviolet. Sedangkan, pada sebagian lampu, pada umumnya menghasilkan cahaya tampak, dan sebagian kecil yang menghasilkan ultraviolet, seperti lampu merkuri.

Friday, March 5, 2010

Realita my future idea..

Dulu waktu aku kecil, aku bercita-cita menjadi seorang guru TK. Guru yang selalu ceria, dan dikelilingi anak-anak yang lucu dan imut(kayak akuuh > hehehe). Tapi, sewaktu menginjak SD, aku mempunyai pengalaman yang sedikit membuat wajahku babak beluuur. Waktu itu di malam hari, aku melihat bulan. Aku bertanya dalam hati, kenapa bulan itu selalu ngikutiiin aku.(maklum masii keciil gitoo). Aku sampe lari-lari sambil liat ke atas langit, biar nggak diikutin bulan, dan akhirnya… BLUG..BLUG…PYAAR..aku jatuuh, dari lantai atas, ke lantai bawah..mana yang jatuh muka duluuan..semenjak itu, cita-cita ku berubah, aku ingin menjadi seorang astronot, pikirkuu.. kalau aku jadi astronot, aku akan bisa ke luar angkasa, dan tidak akan diikuti bulan lagii…(sekali lagi, maklumlah masii kecil). Kemudian , sewaktu SMP aku tiba-tiba ingin menjadi seorang sejarawan..(wow..haha). Aku sangat suka pelajaran sejarah, yang belajar dari waktu lampau, ke jaman kayak gini ini.

Trus, menginjak SMA, saat milih bidang IPA atau IPS, aku langsung ngomong ke ortu kalo ku bakalan milih IPS. Mereka kageet,tetapi menyetujui apa yang aku pilih, mereka berkata, selama kamu interest disana , mama dan papa bakalan ngedukung kog. Lalu ada tes IQ yang menentukan lebih baik kita milih jurusan apa..(kayak topi ajaib di Harrypotter gitu mungkiin) hahaha… Hasilnya, pilihan 1 disuru IPA, pilihan 2 disuru bahasa, dan yang ke3 IPS. Haduu.. apa aku emang ditakdirkan di IPA y..? Teman2 kuu berkata, kalo seumur hidupku aku nggak bakalan jauh2 dari matematika dan fisika. Al hasil, nggak tahu omongan temenku ini doa, apa emang asal-asal aja. Sekarang ini aku berada di teknik fisika ITS. Banyak matematika dan fisika yang direkayasa.. haduuduu.. Sesaat aku mikir, aku ini cocok atau tidak masuk di sana, fisikanya aja udah beda.

Terbesit keinginan untuk meninggalkan semua, tapii kembali lagii dengan kata-kata papa ku, “ papa, tahu pilihan mu, pasti yang terbaik bagimu, kamu tipe anak yang nggak mudah patah semangat, dan papa tahu itu.” Aku nangis, kalo inget kata2 itu.. aku harus bener2 mbuktiin kalo ak bisa… ;)



- I will make differences n that’s something that great -

Wednesday, March 3, 2010

i believe my GOD has remarkable plan.. for me

i never know.. who am i..
i just know, that i'm ordinary girl..who don't know everything..



i make a wish..

Now..or tomorrow.. i'll save my time.. with people whom i loved.. friends..n the other.. i want to be a real moeslim..

when my mind become very "hectic" i try to relax..

first inhale n exhale slowly..(hahaha)
then remmember : i live..for what? then i look my parent's picture..hmmm...
i wanna make them proud...and dream that my sisters and brother give their smile, when i go home.. or when i feel homesick..

i have a spirit that never die..
spirit diit!!
look at your family n your friend , they are souronding u ndiit!!
keep my spirit GOD..please..
n i always believe that U has remarkable plan for me..
Amien.